[K-Idol Group] Army or Shawol?

by - Juli 16, 2018

Annyeong✋✋

Ditulisan kali ini aku bakal cerita sedikit tentang perKoreaan aku yang sudah ada sejak jaman alay hingga makin alay dan masih alay hingga sekarang HAHA.
Cerita singkat aku ngikutin Korea, awalnya aku taunya Jepang duluan dimana aku tau Yamada Ryosuke--Hey Say Jump member-- jamannya aku SMP yaa tahun 2006 atau 2007an, nah dulu tuh Idol atau artis Jepang susah banget dapetin infonya kecuali yang udah debut dimana-mana, nah dari situ aku mulai mengoleksi majalah-majalah yang ada HSJ-nya. Dulu majalah Jepang itu gabung ke majalah Asian gitu, jadi ga cuma ada Jepang tapi Korea juga ada. Dari situlah aku tau dan kenal Korea dan perartisannya.
Pertama kali tau Korea itu jamannya Super Junior, 2AM, 2PM, Bigbang, dan baru-barunya muncul Shinee. Aku langsung jatuh cinta sama Taemin Shinee karena aku dapet posternya yang super gede dari tabloid asian gitu haha. Waktu itu tahun 2008 dimana mereka pertama debut, aku kenalnya setelah beberapa saat mereka debut. Gak ngikutin sih awalnya, cuma suka sama Taemin aja dan awalnya juga gatau Shinee itu apa. Di akhir-akhir jamannya SMP aku mulai ngikutin Shinee, lagu pertamanya mereka yang aku tau itu Replay. Dulu sih belom tau kalau ada nama khusus untuk penggemarnya, yg disebut "Shawol". Awal mereka debut dimana masih jamannya rambut gondrong, polem, rambut skin masih populer, sekarang sih udah diketawain pasti :D Tapi dulu mereka tetap ganteng kok, apalagi Taemin yang masih umur 15an pas Shinee debut. Hebat ga tuh hahaha, awalnya Taemin gak diizinin debut bareng Shinee karena masih sekolah, kebayang ga kalau dia gajadi debut bareng Shinee tapi jadinya sama EXO :D

Shinee 2008 - 2017
Sejak saat itu suka dan ngikutin Shinee, tiap lagu baru, album baru, MV baru keluar suka excited sendiri. Dulu ga ada temennya buat cerita Korea gini, karena mereka cuma bisa ketawain sama bilang "ngomongin apaan sih", dan keselnya sekarang jadi pada suka juga temen-temennya yang dulunya ngomong gitu HAHA. Tapi sempet berenti untuk suka sama Shinee atau Korea lainnya karena saking ngikutinnya dan bener-bener kepoin ke berbagai medianya sampe ke fans dan lain-lainnya, ketemulah dengan namanya Fanwar. Gara-gara fanwar itulah memutuskan berenti menyukai mereka, ini terjadi pada awal-awal masuk kuliah :D YUP itulah kenapa aku sempat menghilang dan sebenernya memutuskan untuk gak suka lagi sama idol karena Fanwar ini.. TAPI..

Diri ini bertemu dengan anak-anak oenyoe seperti BANGTAN:( tau mereka udah lama sih, mereka tuh debut pas aku mulai hiatus suka korea di 2013. Aku ga sepenuhnya hiatus, tapi setiap ada idol baru yang debut ya tau aja gitu apalagi makin kesini internet makin canggih, jadi dapet informasinya makin cepet. BTS singkatan dari Bangtan Sonyeondan, Bulletproof Boyscouts, Bangtan Boys atau Beyond the Scene. Berisi 7 boys yang imut-imut dan ganteng-ganteng ini nyebut fansnya dengan nama "Army" singkatan dari Adorable Representative M.C for Youth. Awal ngikutin bangtan karena bermula dari drama--aku termasuk pengikut drama Korea juga btw-- nah ada salah satu drama judulnya Hwarang keluarnya pas akhir tahun 2016, awalnya gamau nonton karena bercerita tentang zaman kolosal, tapi akhirnya nonton karena ada Park Seo Joon dan Park Hyung Sik. Waktu nonton aku merhatiin ada satu cowo yang menarik perhatian, imut dan perannya emang cuma sebentar tapi cute paraahhh. Dan ternyata dia personil bangtan, V (kim taehyung). Mulai dari situlah aku cari tau tentang V, dalam hati sih udah nahan kalau jangan sampe suka lagi sama idol karena nanti ujung-ujungnya kaya Shinee lagi :D cuma racun semakin racun dan aku makin mencari tahu tentang V beserta BTSnya, alhasil aku menyukai mereka sampe sekarang. Baru 2 tahun ini sih suka sama BTS tapi ternyata mereka ga jelek-jelek amat kok, lagu-lagunya aku suka dan enak-enak sama kaya Shinee dan HSJ yang aku langsung jatuh hati. 

My lovely boys



Semakin mengikuti jadinya makin suka sama mereka, banyak sih yang meremehkan mereka, apalagi cuma dari Agensi kecil, tapi kalau bisa membuktikan bakatnya di dunia tersebut ya kenapa engga sih yaa--no fan war--. Ditambah mereka juga membuktikan diri bisa dikenal hingga saat ini dan bisa menjadi salah satu kpop yang debut di Amerika, diundang dan tampil di BBMA, di AMA's, dan penghargaan lainnya, walau hanya dari "agensi kecil" dan banyak yang bilang "BIGHIT cuma dihidupin gara-gara BTS aja, coba kalau ga ada" yaaa bener dooong, beruntunglah anak BTS bisa menghidupi agensi kecil yang sekarang bisa dikenal dan disebut Agensi korea terbesar versi Amerika. NO FANWAR

Intinya dari content kali ini adalah, aku sebenernya gabisa memilih kalau ditanya Shawol atau Army karena aku suka mereka tapi tidak terlalu suka dibeda-bedakan dengan nama fandom, ya bisa disebut multifandom ajalah. Aku netral untuk siapapun, karena menurutku SEMUA IDOL GROUP KOREA sangatlah hebat, aku tau perjuangan mereka untuk menjadi idol itu ga gampang. Mereka harus melewati masa audisi, jadi trainer bertahun-tahun atau cuma sebentar, belum lagi ga debut-debut, setelah debut dihina-hina, padahal belum tentu kita bisa kaya mereka :D Ditambah dengan melihat kejadian meninggalnya Jonghyun Shinee--yang buat gue nangis-nangis dikantor-- bisa sangat menjadi pelajaran, selain penyanyi dia juga menciptakan lagu dan produce beberapa music, maka dapat dilihat beban IDOL itu berat dan tidak segampang yang dilihat. Jadi kalau mau menghina coba hina diri sendiri dulu deh nyiptain lagu aja ga bisa :D



--So untuk siapapun yang baca dan suka korea juga, jangan lagi Fan War yaa, karena nantinya bikin capek doang, merekanya aja ga war kok sesama Idol, yang capek juga bisa loh hiatus dulu kaya aku HIHIHI--


You May Also Like

0 komentar